Pengalaman di Kejuaraan Catur Junior Asia

Setelah cukup banyak mengikuti pertandingan catur lokal, Satria Duta Cahaya (Duta) akhirnya memiliki pengalaman mengikuti kejuaraan catur junior internasional.

Nama turnamennya adalah Kejuaraan Catur Junior Asia 2019 atau Asian Junior Chess Championshop (AJCC) 2019. Kejuaraan diselenggarakan di Solo (Jawa Tengah) dan mempertandingkan 3 kategori, yaitu: Rapid Chess, Standard Chess, dan Blitz Chess.

Kejuaraan Catur Junior 2019 ini diikuti peserta dari 11 negara: Indonesia, Bangladesh, India, China Taipei, Hongkong, Iran, Kazakhtan, Malaysia, New Zealand, Philippina, dan Vietnam.

Kejuaraan catur ini diperuntukkan atlet junior di bawah 20 tahun. Bagi Duta yang usianya 10 tahun, ini adalah pengalaman yang sangat berharga.

Pengalaman Bertanding Melawan Pemain Kuat

Dalam kejuaraan ini, Duta berhadapan dengan banyak pemain kuat dari berbagai negara.

Sebagian besar pertandingan catur yang diikuti Duta bukan pertandingan resmi FIDE sehingga tidak mencatat kinerja FIDE Rating.

Duta baru memiliki rating untuk standar chess yang diperoleh dari turnamen catur beregu dalam rangka ulang tahun PT Taspen. Rating standar Duta adalah 1758. Sementara itu, lawan-lawan Duta yang selisih umurnya sekitar 8 tahun sebagian besar memiliki rating di atas 2000 dan banyak yang memiliki gelar CM (Candidate Master), FM (Fide Master), dan IM (International Master).

Secara teoritis, Duta adalah mangsa empuk dan tak bisa mengalahkan lawan-lawannya. Lawan pertama Duta adalah M Raghunandan Kaumandur Srihari dari India yang kemudian menempati peringkat ke-3 dalam Rapid Chess.

Hasil Pertandingan Catur

Hal paling berharga yang bisa dipetik dari proses pertandingan yang berlangsung selama 9 hari ini adalah pengalaman bertanding.

Duta mengalami pertandingan yang betul-betul internasional karena melawan pemain asing. Duta mengalami pertandingan dengan lawan-lawan kuat bergelar CM, FM, dan IM dengan rating yang jauh lebih tinggi.

Dan yang tak kalah penting adalah pengalaman Duta mengelola hati dan mentalnya saat mengalami aneka kekalahan beruntun.

Hasil terbaik Duta diperoleh pada catur standard. Duta berhasil memperoleh nilai 4 setelah memenangkan 4 pertandingan dari 9 pertandingan yang dijalaninya. Hasil ini menempatkan Duta pada ranking 20 dari 34 pemain.

Sementara itu, Duta masih mengalami kesulitan saat menjalani pertandingan Rapid Chess dan Blitz Chess. Dia seringkali kehabisan waktu karena terlalu lama berpikir yang membuatnya hanya mendapat 1 poin kemenangan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KOMENTAR

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CERITA LAIN

Dunia Duta

Website ini adalah dokumentasi perjalanan Satria Duta. Sebagai proses dokumentasi perjalanan homeschooling Duta. Web ini dibuat dan dikelola oleh orangtua Satria. Jika Ingin menghubungi kami silakan melalui media sosial di bawah ini

© Dikelola oleh RumahInspirasi